Senin, 11 April 2011

Fenomena Beringin Kembar di Alun Alun Yogyakarta




Pohon beringin yang besar dapat memberikan tempat yang teduh dan sejuk bagi orang-orang dibawahnya yang sedang istirahat. Apakah Anda pernah tahu pohon beringin yang menjadi obyek wisata yang paling sering dikunjungi banyak orang? Di Alun-alun kidul Yogyakarta yang masih satu kompleks dengan wilayah Kraton Ngayogyakarto, tiap akhir pekan selalu ramai dikunjungi para wisatawan lokal maupun domestik.


Alun-alun kidul Yogyakarta selain terdapat obyek wisata seperti dua ekor gajah milik Kraton Ngayogyakarto, juga terdapat 2 buah pohon beringin besar yang umurnya sekitar ratusan tahun yang terletak di tengah-tengah alun-alun. Dua pohon beringin ini oleh kebanyakan orang sering disebut beringin kembar. Tempat ini berjarak 1 km dari Malioboro yang dapat ditempuh sekitar 20 menit.

Yang menjadi daya tarik wisatawan pada beringin kembar ini adalah masangin (masuk di antara dua beringin). Konon katanya apabila seseorang dapat dengan mudah masuk daerah antara pohon beringin kembar, salah satu keinginannya bakal terwujud. Hmm…kelihatannya mudah bukan? Eits…tunggu dulu, jarang-jarang sekali ada orang bisa melewati tantangan ini, yang ada malah berjalan beda arah dengan beringin kembar ini. Waktu yang paling ramai dikunjungi oleh para pengunjung adalah sore hari hingga malam hari. Tata cara melakukan masangin , yaitu :

1. berdiri lurus ke depan sekitar 25 meter dari beringin kembar tepatnya dekat dengan gedung Sasana Hinggil arah utara dari pohon beringin kembar.
2. mata dalam keadaan tertutup, ditutup dengan kain slayer, sapu tangan atau apa aja yang penting dapat menutup penglihatan.
3. badan harus diputar lebih dahulu 360 derajat berkali-kali.
4. setelah serasa cukup diputar-putar, arahkan posisi badan lurus ke depan dengan jalan tengah beringin kembar.
5. kemudian silahkan berjalan menurut feeling/perasaan tanpa bantuan orang lain.

Jika Anda sedang beruntung dapat melalui dengan baik dan dapat berada di tengah-tengah beringin kembar, Insya Allah keinginan Anda terkabul. Jika Anda sedang tidak beruntung, mungkin akan jadi bahan tertawaan teman Anda karena bisa-bisa salah arah, menabrak orang, menabrak pedagang kaki lima dan sebagainya. Apakah Anda tertarik?

sumber : http://chokichim.blogspot.com/2009/01/beringin-kembar-alun-alun-kidul.html

0 komen dong:

Posting Komentar